Cara Sederhana Membuat Sofa Wangi

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Tips Sederhana Membuat Sofa Wangi - Di musim - musim tertentu biasanya kita sangat memperhatikan kondisi ruangan atau rumah kita. Misalnya di hari raya idul fitri lebaran atau hari besar lainnya kita menginginkan kondisi rumah yang maksimal dan serba wangi, tak terkecuali dengan sofa atau tempat duduk yang ada. Seperti kita tahu, meski sudah menggunakan pengharum namun sering kali sofa atau kursi di ruang tamu masih memiliki aroma yang kurang sedap dan apek. Maka dari itu kita harus melakukan perawatan ekstra agar sofa tersebut wangi.

Berkaitan dengan hal itu kali ini kita akan membahas beberapa tips membuat sofa wangi yang bisa kita terapkan tanpa bersusah payah. Dengan beberapa tip atau kiat tersebut kita akan membuat sofa di rumah tidak berbau apek dan bisa berbau wangi. Dengan kata lain pertama kita akan menghilangkan aroma tidak sedap pada sofa dan menggantinya dengan aroma harum. Untuk melakukan hal itu ada beberapa tip yang bisa kita lakukan yaitu:

1) Jaga kebersihan sofa
2) Gunakan baking soda dan cuka
3) Gunakan kayu akar wangi

Selain memberikan pengharum pada ruangan, untuk menciptakan sebuah ruangan yang benar-benar nyaman dan wangi kita bisa juga membuat sofa juga harum. Kita bisa melakukan beberapa langkah di atas untuk menghilangkan bau pada sofa dan untuk memberikan aroma wangi pada sofa.

Jaga kebersihan sofa
Pertama, kita akan menghilangkan aroma khas pada sofa yaitu dengan cara menjaga kebersihannya. Untuk menjaga kebersihan dan untuk menghilangkan aroma yang tidak diinginkan kita bisa menjemur sofa. Caranya kita keluarkan sofa pada pagi hari agar sofa tersebut bisa terkena sinar matahari. Cara ini efektif untuk membuang bau apek pada sofa sekaligus menjaga kebersihan dan kesehatan sofa dari kuman.

Selain dengan cara di atas kita juga bisa membersihkan sofa dengan alat misalnya steam cleaner. Alat ini bisa kita gunakan untuk menghilangkan aroma tidak sedap dengan lebih cepat. Namun perlu diperhatikan juga apakah bahan sofa bisa dibersihkan dengan alat tersebut.

Selain membersihkan sofa jangan lupa juga untuk membersihkan bantal sofa. Bantal sofa yang hadir satu set dengan sofa bisa saja menjadi penyebab bau pada sofa. Pertama, lepaskan sarung bantal dan cuci hingga bersih. Lakukan pencucian secara manual dengan tangan dan bukan dengan mesin cuci agar debu dan kotoran penyebab bau bisa lebih mudah larut. 

Untuk membersihkan bantal sofa, masukkan bantal pada plastik, lalu sedot udara di dalam plastik tersebut dengan vacuum cleaner sehingga plastik menjadi kedap udara. Cara ini cukup ampuh dalam menghilangkan bau pada bantal sofa ketimbang kita mengaplikasikan vacuum cleaner secara langsung di permukaan bantal sofa.

Gunakan baking soda dan cuka
Kita juga bisa membuat sofa wangi dengan menggunakan baking soda dan cuka. Jika menggunakan baking soda kita bisa menaburkan baking soda di seluruh permukaan sofa kemudian diamkan selama semalam. Setelah itu di pagi hari kita bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan baking sofa yang kita taburkan. Baking soda yang kita taburkan tersebut dapat menyerap bau yang melekat pada sofa sehingga nantinya setelah dibersihkan bau tersebut akan hilang.

Cara Sederhana Membuat Sofa Wangi
Foto: Ilustrasi/janelockhart

Sama dengan penggunaan baking soda kita juga bisa menggunakan cuka untuk masalah ini. Caranya siapkan botol spray plastik dengan cuka, lalu semprotkan secara merata ke seluruh permukaan sofa. Cuka adalah larutan ampuh untuk menghilangkan bau sofa sekaligus menyegarkannya dengan aroma segar yang khas.

Gunakan kayu akar wangi
Untuk menciptakan aroma yang wangi kita juga bisa menyisipkan kayu atau akar wangi di bawah atau di sela - sela sofa. Kayu dan akar wangi ini adalah cara alami untuk membuat sofa tetap nyaman dan tidak berbau. Cara ini bisa kita gunakan sebagai langkah yang alami dan cukup mudah untuk menciptakan sebuah ruangan yang harum dengan sofa yang wangi.

Demikianlah tadi sedikit tip dan kiat untuk cara sederhana membuat sofa wangi. Semoga sedikit kiat di atas bisa menjadi ide dan referensi kita yang sedang mempersiapkan diri untuk menata ruang tamu idaman yang benar-benar nyaman. Jangan lupa juga untuk melihat beberapa tips lain yang ada di bagian akhir tulisan ini. Itu saja, semoga bermanfaat!